Welcome to KMI Laboratory

Terima kasih atas kunjungannya

Kamis, 22 April 2010

Cara Menbuat Kompos dengan bantuan Cacing Tanah


CARA MEMBUAT KOMPOS DENGAN BANTUAN CACING TANAH

Ketika kalian selesai makan malam, kalian pasti membuang sisa dan kulit di tong sampah,kan? Barangkali kalian punya halaman belakang untuk penimbunan kompos sebagai gantinya. Pupuk kompos adalah sebuah campuran bahan kaya gizi organik yang dibusukkan yang cocok untuk pemupukan lahan. Tetapi jika hal tersebut mustahil dilakukan di tempat tinggalmu, kamu bisa melakukan pengomposan dengan cacing, yang bisa dilakukan di dalam ruangan dan tidak menciptakan bau busuk.

Sebuah bak cacing dapat dibuat dari kontainer plastik besar yang dalamnya 8-12 inci/ 20 - 30 cm. Bak ini memerlukan sebuah tutup untuk menjaga kelembaban di dalam dan menghalangi cahaya karena cacing menyukai kegelapan, tetapi tutupnya perlu dilubangi untuk memberi jalan masuk bagi angin. Tempatkanlah plastik penyaring dalam bak kira-kira 1 inci / 2.5 cm dari dasar bak untuk mengalirkan kelebihan air dari pupuk kompos, atau buatlah beberapa lubang di dasarnya dan tutup dengan kain kasa . Lalu isilah sepertiganya dengan bahan-bahan campuran seperti parutan koran, daun-daun, potongan rumput. Kemudian tambahkan segenggam pasir atau kotoran dan air secukupnya untuk membuat penguapan pada campuran. Setelah diaduk untuk memberi ruang udara, cacing siap dimasukkan.

Cacing terbaik untuk pengomposan adalah cacing merah, yang dapat dibeli dari perusahaan penyedia pupuk kompos atau kebun cacing . Letakkan cacing di atas campuran, kemudian mereka akan menggali ke dalam. Per 0.1 meter3 bak disimpan sekilo cacing yang akan mendaur ulang ½ kg sisa makanan tiap hari.

Berilah makanan segar tiap hari dan kuburkan makanan di tempat yang berbeda setiap kali pemberian. Cacing akan makan buah-buahan, sayur-mayur, bungkus teh, atau ampas kopi. Jangan memberi makan cacing dengan daging, produk kering ataupun makanan pedas. Temperatur dalam bak harus berkisar antara 13-25C .

Setelah sekitar dua atau tiga bulan, campuran akan berubah menjadi pupuk kompos yang merupakan kombinasi rabuk cacing dan materi yang membusuk. Setelah itu, pupuk siap dipakai untuk pemupukan halaman rumput dan ladang. Setelah penyaringan semua cacing dari pupuk kompos, buatlah campuran baru dan mulai lagi dari awal. ICal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar